Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas merupakan salah satu faktor signifikan yang menentukan keunggulan bangsa Indonesia di tataran global. Perguruan Tinggi dengan berbagai bidang ilmunya diharapkan menghasilkan SDM yang kompeten untuk mengisi kebutuhan dunia kerja dan masyarakat dengan standar mutu yang optimal. Oleh karenanya proses link and match antara PT dengan kebutuhan dunia kerja dan masyarakat menjadi suatu keharusan yang perlu diciptakan dengan sebaik-baiknya sejak dini.

Terjadinya ketidaksesuaian kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia kerja dan masyarakat saat ini menjadi fenomena umum  dan kendala besar yang terjadi di Indonesia. Salah satu contoh nyata permasalahan seperti ini adalah banyaknya lulusan setelah memasuki dunia kerja ternyata kurang memiliki kecakapan atau bahkan tidak memahami bidang pekerjaannya meskipun secara akademik telah memenuhi standar. Selain itu, saat ini baik kemampuan hard-skills maupun soft-skills dibutuhkan oleh dunia kerja. Sayangnya, seringkali para lulusan memiliki kemampuan soft-skills rendah yang juga menjadi kendala yang signifikan.   Faktor yang memberikan keberhasilan dalam dunia kerja adalah soft-skills (40%), networking (30%), hard-skills (20%), dan financial (10%) (Depdiknas, 2007).

Mengacu pada permasalahan di atas, Universitas Nasional sejak tahun 2010 melalui Surat Keputusan Rektor Nomor 28 Tahun 2010 telah membentuk Career Development Center (CDC) yang terintegrasi ke dalam Unit Pelaksana Teknis (UPT) Marketing Public Relations. CDC dibentuk sebagai wadah untuk mengembangkan kualitas lulusan  yang siap pakai dalam rangka memenuhi kebutuhan dunia kerja dan masyarakat sekaligus menjadi fasilitator agar kompetensi lulusan  link and match dengan kebutuhan dunia kerja dan masyarakat. Sejak tahun 2018 melalui Surat Keputusan Rektor Nomor 113 Tahun 2018 CDC diintegrasikan di bawah Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni, dan saat ini CDC-UNAS dikepalai oleh Jesaya Pinem, SS., MM yang  mempunyai dua klien utama yaitu lulusan/mahasiswa tingkat akhir dan dunia kerja/masyarakat.

Program persiapan dan pengembangan karir

Program ini bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi diri lulusan agar menjadi tenaga siap pakai dalam memasuki dunia kerja dan masyarakat. Penggalian dan pengembangan karir dilaksanakan melalui kegiatan seminar dan pelatihan secara berkelanjutan oleh praktisi dan ahli di bidangnya yang bertujuan agar lulusan mendapatkan gambaran tentang persiapan kerja yang harus dilakukan. Selain itu, pada kegiatan ini alumni UNAS diharapkan dapat saling berbagi pengalaman di dunia kerja dan masyarakat. Kegiatan seminar dan training bertema “Soft-skills Awareness for Establishing Your Platinum Future” direncanakan pelaksanaannya secara berkala setiap tiga bulan di Aula I UNAS. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara UNAS dengan berbagai pihak.

 
Program rekrutmen/bursa kerja/UNAS Career

CDCTS-UNAS menyediakan fasilitas rekrutmen bagi perusahaan/instansi/industri yang sedang mencari tenaga kerja. Fasilitas tersebut seperti penyebaran informasi lowongan kerja dan bursa kerja online yang memanfaatkan teknologi informasi dalam  memfasilitasi pertemuan antara perusahaan/instansi/industri dan lulusan selaku pencari kerja situs web. Bursa kerja online dilakukan oleh CDCTS-UNAS bekerja sama dengan perusahaan/instansi/industri yang sebelumnya telah submit job di web CDCTS-UNAS. Sedangkan, upaya untuk mempertemukan lulusan dengan perusahaan/instansi/industri dilakukan melalui UNAS Career Expo. Kegiatan akan dilaksanakan secara rutin setiap semester sebelum acara wisuda yang mengundang perusahaan/instansi yang sedang mencari tenaga kerja untuk berpartisipasi sebagai peserta maupun sponsor untuk melakukan pameran, presentasi perusahaan, rekrutmen dan wawancara.

Tracer Study

Tracer study adalah studi pelacakan jejak lulusan/alumni yang dilakukan 1 tahun setelah lulus yang bertujuan untuk mengetahui outcome, output dan input serta proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan peningkatan kompetensi lulusan. Tracer Study UNAS dilakukan sejak tahun 2015 sehingga data yang dikumpulkan dapat digunakan oleh Fakultas dan Program Studi.

Untuk informasi hubungi CDCTS-UNAS di Selasar Lantai 3, Biro Administrasi Kemahasiswaan, Kampus Pejaten. Telp. 021-7806700 Ext. 173, atau fax. (021) 7802718. E-mail: cdcunas1949@civitas.unas.ac.id, Website: cdc.unas.ac.id. Pelayanan CDC-UNAS dilakukan setiap hari Senin-Jum’at mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Struktur Organisasi BIROMAWA UNAS

Direktori Staf

Kepala Bagian Career Development Center dan Tracer Study: Jesaya Pinem, SS., MM. Kepala Bagian Career Development Center dan Tracer Study bertanggung jawab terhadap manajemen tiga sub-unit dibawahnya yaitu sub-bagian desain grafis dan sistem informasi, sub-bagian tracer study dan pelatihan, dan sub-bagian karir dan kesekretariatan. Memiliki tugas pokok dan fungsi dalam menyusun dan mengkoordinasikan pelaksanaan program pelatihan, rekrutmen/bursa kerja/job career, dan tracer study lulusan serta kerjasama dengan seluruh stakeholder.

Sub – Bagian Tracer Study dan Pelatihan

Bertanggung jawab dalam mengelola kegiatan pelacakan lulusan yang melibatkan seluruh stakeholder dan pelatihan dalam rangka meningkatkan karir alumni UNAS.

Sub-Bagian Karir dan Kesekretariatan

Bertanggung jawab dalam mengelola dan mendukung program kerjasama dengan instansi/lembaga di luar kampus untuk mengadakan kegiatan rekrutmen seperti job fair/bursa kerja dan campus hiring. Selain itu, juga bertanggung jawab dalam tugas-tugas administratif kesekretariatan Pusat Karir dan Tracer Study.

Sub-Bagian Desain Grafis dan Teknologi Informasi

Bertanggung jawab terhadap pengelolaan situs Pusat Karir dan Tracer Study berbasis sistem teknologi informasi, serta pembuatan dan pengembangan informasi sebagai media komunikasi kepada  publik.

Program Kerja Bagian Career Developement Center dan Tracer Study Universitas Nasional Tahun 2018/2019